#ProjectSterilBareng untuk Kucing Jalanan Jabodetabek

#ProjectSterilBareng untuk Kucing Jalanan Jabodetabek

Dimulai dari ngobrol2 dengan sesama penggiat steril dan muncul pula ide yg sama dari seorang follower di IG story, akhirnya Mimin beserta teman-teman dari @rumahsteril@straytogether@soulcare.cat@tannya_tajuw, Ayo Steril, dan @sterilmalabar_bogor sepakat mau menjalankan #ProjectSterilBareng, sebuah project untuk membantu pemerintah dan juga masyarakat dalam mengatasi overpopulasi kucing jalanan dengan cara TNR (Trap-Neuter-Release) dengan gratis.

Setelah dapat waktu untuk ketemuan (maklum ini isinya orang-orang sibuk semua — sibuk kerja dan sibuk belanja online lol), kita langsung membahas segala printilan untuk acara ini, termasuk bagaimana cara bisa mendapatkan dana.

Cara pertama: Kirim proposal ke perusahaan2, termasuk perusahaan yang berhubungan dengan hewan. Baru tahu, ternyata proposal susah tembus ya, beberapa dicuekkin aja 🙂 Yang beberapa lainnya, cukup sopan membalas bahwa proposal sudah diterima (thank you for replying, we’d appreciate this), meskipun ga tembus juga ujungnya.

OK, gagal total dengan cara pertama. Cara kedua: Galang donasi via kitabisa.com. Dan ini ternyata malah sukses. Sekalian promosi — kontribusinya ke bit.ly/sterilbareng ya.

Mulai ngedata kucing, sambil bolak-balik ngeliatin dana yang terkumpul dengan cemas, takut dana tidak mencukupi. Target sekitar 50 ekor, dan di hari H terkumpul 70 ekor lebih. Senang? Banget! Pengennya malah bisa 500 ekor sekalian, kalau ada dananya, hehehe…

Pada hari H, acara berjalan dengan lancar. Semua kucing yang bertotal 77 ekor ini berdatangan dari segala penjuru Jabodetabek. Kita mulai jam 8 pagi dan ternyata hampir semua kucing kooperatif. Yang tidak kooperatif, misalnya berontak atau mencoba kabur, jumlahnya bisa dihitung dengan jari dan dapat ditangani dengan baik.

Mba Tasya dari Era.id datang juga untuk menyaksikan sendiri kegiatan steril ini. Di tengah teriakan kucing garong yang minta keluar kandang, Mba Tasya dan Mimin berbincang-bincang mengenai #ProjectSterilBareng ini. Hasilnya… sebuah artikel yang harus dibaca berjudul Steril untuk Kemerdekaan Kucing Liar. Terima kasih Mba Tasya dan Era.id atas waktunya untuk mampir meliput kegiatan kami.

Tidak ketinggalan pula, Mimin dan seluruh tim #ProjectSterilBareng ingin berterima kasih sebanyak-banyaknya pada Mba Dian Nitami yang mau bantu untuk fundraising dan kampanye steril kucing ini dengan membuat video Ngobrol Bareng. Terima kasih juga untuk Erik Sukur yang mau aja ditodong Mimin untuk bikin videonya.

Terima kasih yang amat sangat juga kepada kalian semua yang sudah ikut kontribusi via Kitabisa.com, dan Auntie @catoprah, Auntie @rismel dan Singapore Embassy yang langsung membantu lewat BCA Yayasan Adopsi Hewan Indonesia (Acc no. 4976-272625). You are all part of us in making this happen! Tons of thanks to all of you!

Full report can be seen here.

#ProjectSterilBareng Team would like to say Thank You Tons for supporting us!

Tapi kita ga akan berhenti sampai di sini aja kan ya? Mari sama-sama kita singsingkan lengan untuk membantu mengatasi overpopulasi dengan steril!

  • Prev Post
  • Next Post

6 thoughts on “#ProjectSterilBareng untuk Kucing Jalanan Jabodetabek”

LeaveComment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *